Thursday 12 June 2014

Kesehatan Jiwa


      


       Kesehatan jiwa adalah keadaan yang bukan sekedar bebas dari gangguan jiwa, tapi suatu hal yang dibutuhkan semua orang. Apakah jiwa itu?

     
      
         Jiwa berbicara tentang perasaan, pikiran dan kemauan seseorang yang tampak dari perilakunya sehari-hari.

      Kesehatan jiwa adalah perasaan sehat dan bahagia dapat menerima orang lain sebagaimana adanya. Mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain serta mampu mengatasi tantangan kehidupan.

       Keadaan kesehatan jiwa seseorang dapat diukur dari perasaannya terhadap dirinya sendiri dan orang lain serta mengatasi persoalan kehidupannya sehari-hari.

Ciri-ciri orang yang sehat jiwanya ialah sebagai berikut:
1.      MERASA SENANG TERHADAP DIRINYA SENDIRI DAN MAMPU MENGHADAPI SITUASI. Puas dengan kedudukannya sehari-hari. Mampu mengatasi kekecewaan dalam hidup. Mempunyai harga diri yang wajar. Menilai dirinya secara objektif dan realistis, tidak berlebihan dan tidak pula merendahkan.
2.      MERASA NYAMAN BERHUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN DAN MAMPU MENCINTAI ORANG LAIN. Mempunyai hubungan pribadi yang tetap dengan sesamanya. Dapat menghargai pendapat orang lain yang berbeda. Merasa bagian dari suatu kelompok. Tidak memanipulasi atau memperalat orang lain, dan juga tidak membiarkan orang lain memanipulasi atau memperalat dirinya.
3.      MAMPU MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP. Menetapkan tujuan hidupnya secara realistis. Mengambil keputusan. Menerima tanggung jawab. Merancang masa depan. Menerima ide dan pengalaman baru. Puas dengan pekerjaannya.



          Tidak ada batasan yang tegas Antara orang yang sehat jiwa dan orang yang tidak sehat atau terganggu kesehatan jiwanya. Tiap orang dapat merasakan berbagai ragam derajat kesehatan jiwa, dari sangat sehat, cukup sehat, sehat, kurang sehat, hingga sakit. Tidak ada orang yang merasa sehat jiwa sepanjang hidupnya. Suatu saat ia pasti mengalami stress dan aneka ragam gangguan mental-emosional.  

https://www.facebook.com/pages/NOOR-ARIF/191229797591422?ref=hl

No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy