Saturday 11 April 2020

Naskah Lomba Pidato

Assalamu alaikum wr.wb.
Dewan juri yang saya hormati, dan teman-teman yang saya sayangi.
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafi’at. Tak lupa, shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar, Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya serta pengikutnya hingga akhir zaman. Amiin.
Ijinkanlah saya untuk menyampaikan materi mengenai “Keutamaan membaca AlQur’an”
Menurut harfiah, AlQur’an berasal dari kata Qoro’a yang berarti bacaan.
Sedangkan menurut istilah, Al Qur’an adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril.
Al Qur’an merupakan petunjuk hidup bagi umat manusia ‘huddallinnas’. Membaca Al Qur’an merupakan suatu ibadah.
Keutamaan Al Qur’an yang pertama yaitu:
Orang yang membaca Al Qur’an maka hatinya menjadi tentram dengan mempelajari Al Qur’an maka akan turun sakinah (ketentraman). Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ara’du ayat

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram”
Dewan yuri yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Keutamaan membaca Al Qur’an yang kedua yaitu:
Al Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi pembacanya. Mengingat Allah dapat dilakukan dengan membaca Al Qur’an, jadi dengan membaca Al Qur’an maka hati orang yang membaca tersebut akan tentram. Sebagaimana hadist Rasulullah
Hadist,

Bacalah kamu sekalian Al Qur’an karena sesungguhnya Al Qur’an itu akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi pembacanya (H.R Ahmad & Muslim).
Jadi, kelak di hari kiamat nanti yang dapat menolong kita yaitu Al Qur’an

Dewan yuri yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Demikian sedikit uraian dari saya, semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat untuk diri saya pribadi maupun bapak dan ibu sekalian.
Akhirul kalam, wabillahi taufik wal hidayah.
Wassalamu alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy