Wednesday 4 December 2013

soal latihan bahasa indonesia

UN-SMA-07-19
Bacalah penggalan cerita berikut dengan saksama!
Aku pikir aku telah tertidur beberapa jam karena pengaruh sampanye dan letusan-letusan bisu dalam film itu. Lalu ketika aku terbangun, kepalaku merasa terguncang-guncang. Aku pergi ke kamar mandi. Dua dari tempat duduk di belakangku diduduki wanita tua dengan sebelas kopor berbaring dengan posisi yang tidak sangat karuan. Seperti mayat yang terlupakan di medan perang. Kaca mata bacanya dengan rantai manik-manik beradu di atas lantai dan sesaat aku menikmati kedengkianku untuk tidak mengambilnya.
Nilai budaya yang ada dalam penggalan cerpen tersebut adalah ...
A. mabuk-mabukkan
B. menonton film
C. minum sampanye
D. dengki terhadap orang lain
E. tidak peduli terhadap orang lain

Puisi berikut untuk soal nomor 20 sampai dengan 22.
Bacalah is ipuisi berikut dengan saksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."

UN-SMA-07-20
Maksud puisi tersebut adalah ...
A. menceritakan tiga anak kecil datang
B. menggambarkan anak kecil yang malu-malu
C. menceritakan peristiwa sore itu
D. menunjukkan pita hitam dalam karangan bunga
E. menggambarkan peristiwa kedukaan
UN-SMA-07-21

Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut adalah tanda …
A. bersedih
B. berduka
C. berdoa
D. bermohon
E. berharap

UN-SMA-07-22
Amanat puisi tersebut adalah ...
A. Perjuangan sekelompok anak kecil yang turut berduka.
B. Segeralah ke Salemba untuk menuntut keadilan.
C. Berjuanglah untuk mempertahankan golongan tertentu.
D. Hendaklah kita menghargai pengorbanan yang membela kebenaran.
E. Segala perjuangan bila tidak dilandasi dengan keimanan akan terkalahkan.

UN-SMA-07-23
Bacalah iklan berikut dengan saksama!
Perusahaan Farmasi Nasional yang sedang berkembang pesat membuka peluang karier bagi Sdr./Sdri, yang berdedikasi tinggi, berpenampilan menarik, mau bekcrja keras. Dengan persyaratan sebagai berikut.
1. Pendidikan SI, D3, SMF, SMA IPA dengan nilai Matematika minimal 6.
2. Usia maksimal 27 tahun.
3. Memiliki sepeda motor, SIM C.
4. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
Segera kirimkan surat lamaran lengkap (CV, pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 × 4 (2 Ibr), fotokopi STNK, Sim C, KTP, dan Ijazah) ke PO BOX 4080/JKT 10040.
Kompas, 20 Mei 2006
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...
A. Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai ...
B. Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian Kompas.
C. Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai ...
D. Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai iklan di harian Kompas sebagai ...
E. Memenuhi iklan di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya melamar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

UN-SMA-07-24
Cermati kutipan surat lamaran berikut!
... dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas diri saya ...
Pemerian identitas yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah ...
A. Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
Alamat : jalan Bhakti Husada 10, Bengkulu
B. Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5-4-1986
Alamat : Jalan Bhakti Husada 10 Bengkulu
C. nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu/5 April 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada Nomor 10, Bengkulu
D. nama : RIANA
tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada 10 Bengkulu
E. nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada 10, Bengkulu

UN-SMA-07-25
Cermatilah penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Besar harapan saya dapat diterima diperusahaan yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
A. Besar harapan saya, Bapak mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih.
B. Besar harapan saya. Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
C. Mohon Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan terima kasih.
D. Sudilah kiranya Bapak menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, dihaturkan terima kasih.
E. Atas kebijaksanaan menerima saya di perusahaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

UN-SMA-07-26
Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Ketua OSIS SMA Harapan Jaya memerintahkan kepada sekretaris OS1S untuk membuat proposal kcgiatan menyongsong hari Sumpah Pemuda. Proposal itu akan dijadikan bahan rapat pengurus OSIS dua minggu yang akan datang.
Kalimat memo yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buatlah proposal dengan segera untuk menyongsong hari Sumpah Pemuda yang akan datang.
B. Rapat pengurus OSIS dua minggu yang akan datang, buatlah segera proposal untuk kegiatan tersebut.
C. Buatlah undangan rapat pengurus OSIS secepatnya untuk membahas proposal kegiatan Sumpah Pemuda.
D. Buat proposal kegiatan hari Sumpah Pemuda sebagai bahan rapat dua minggu yang akan datang.
E. Harap dibuatkan proposal kegiatan hari Sumpah Pemuda untuk dirapatkan minggu yang akan datang.

UN-SMA-07-27
Cermati ilustrasi berikut!
Judul novel : Lelaki Tua dan Laut/The Old Man and The Sea
Pengarang/Penerjemah : Ernest Hemingway/ Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri pada pembaca persis seperti gerakan ombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ...
A. Sedikit sekali penulis yang berani mengangkat ide cerita dari kaum pinggiran seperti nelayan. Namun, Hemingway berani mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang penuh ketegangan ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis agak lambat menciptakan ketegangan-ketegangan dalam cerita. Pembaca menjadi kurang bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu monoton, yaitu laut dan laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya berbahasa tak perlu diragukan lagi. Hanya saja, khusus pada novel ini tema yang diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan Hemingway pada novel ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak laut yang mengguncang-guncang perahu.
E. Meskipun buku ini banyak dibaca orang, terlihat banyak kekurangan tentang kebiasaan di laut yang mungkin Hemingway sendiri dapat merasakannya.

UN-SMA-07-28
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan
A. (1), (3), (2), (5), dan (4)
B. (2), (1), (5), (4), dan (3)
C. (3), (1), (5), (2), dan (4)
D. (4), (5), (1), (2), dan (3)
E. (4), (1), (5), (2), dan (3)

No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy