Friday 24 January 2014

tugas membuat esai

Bencana Banjir Sedang Naik Daun

Akhir-akhir ini, sering kali kita lihat di berbagai media mengenai banjir yang semakin gencar melanda. Hingga saat ini pun masih ada beberapa daerah yang terendam banjir. Curah hujan yang tak menentu, populasi pepohonan yang sudah berkurang pun menyebabkan banjir semakin mudah menerjang Tanah Air tercinta ini.

Banjir tidak datang secara tiba-tiba, banjir datang karena kelalaian kita sendiri. Jika kita amati sedikit saja tentang bagaimana kita menjaga lingkungan tempat kita berada, kita seharusnya dapat menyadari bahwa rasa tanggung jawab diri masyarakat kita terhadap lingkungan masih sangatlah minim.

Tingkat kesadaran masyarakat kita untuk menjaga lingkungan sangatlah kecil. Dapat kita lihat dari kelalaian dalam membuang sampah. Tidak banyak orang yang sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sering kali mereka membuang sampah tanpa memperhatikan tempat. Pada awalnya hanya satu atau dua orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya yang mana kebanyakan membuang sampah di pinggir sungai atau jalan. Namun lama kelamaan semakin banyak orang mengikuti cara tersebut, yang tak lain adalah membuang sampah di sembarang tempat. Hingga pada akhirnya sampah pun menumpuk, membusuk dengan tidak indahnya dan membuat lingkungan sekitarnya tercemar dan kotor. Pada akhirnya dapat menyumbat saluran air yang ada sehingga menimbulkan banjir.

Selain membuang sampah, kelalaian lain pun kerap terjadi yakni dalam hal penebangan pohon. Banyak dari masyarakat kita yang menebang pohon sembarangan. Terkadang meskipun ia memiliki hak yang legal untuk menebang pohon, tetapi ia tidak menanami kembali tanah tempat tumbuhan yang telah ditebangnya itu. Dan itu menyebabkan penyerapan air sangatlah sedikit dan membuat air turun kedataran yang lebih rendah dengan cepat dalam jumlah banyak.

Dalam kondisi sekarang diperlukan sinergi dan kerja sama antara pemerintah dengan warga dalam kaitannya menyelesaikan masalah banjir. Pemerintah harus serius membuat kebijakan yang tepat dalam menangani banjir. Begitu juga dengan rakyat yang harus mendukung dan melaksanakan program tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan sekarang adalah mengembalikan fungsi sungai sebagai saluran air sebagaimana mestinya. Pembangunan dam parit di lokasi hulu sungai akan lebih bermanfaat baik untuk mengurangi banjir maupun penyediaan air.

Hal lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah membersihkan saluran air dan parit dari segala sesuatu yang dapat menghambat aliran air. Rakyat juga harus mendukung program pemerintah tersebut dengan cara tidak membuang sampah ke sungai dan daerah aliran air sehingga tidak terjadi penyumbatan saluran yang menyebabkan banjir.
Jadi masalah banjir harus ada kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat dalam menanggulanginya. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Pemerintah saja akan tetapi membutuhkan partisipasi dari warga dalam usaha mengendalikan banjir.

Oleh : Muhammad Noor Arif
Kelas : XII IPA 3



No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy