Saturday, 8 March 2014

kisi-kisi UN 2014

16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
LISTENING (Mendengarkan)
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/

Memahami makna dalam wacana
rinci dari sebuah percakapan interpersonal/

lisan interpersonal dan transaksional
transaksional secara formal atau informal.

secara formal maupun informal dalam
Menentukan respon yang tepat terhadap percakapan

konteks kehidupan sehari-hari,
transaksional/interpersonal secara formal atau

terutama dalam bentuk teks
informal.

fungsional pendek, recount, news
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan

item, report, narrative, descriptive
informasi yang ada di dalam percakapan

dan review.
interpersonal/transaksional secara formal atau


informal.


Menentukan gambar yang sesuai dengan teks


monolog yang diperdengarkan.


Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/


tersirat/rinci dari sebuah teks monolog yang


diperdengarkan.
2.
READING (Membaca) Memahami
Menentukan gambaran umum atau informasi

makna dalam wacana tertulis
rinci/tersirat/tertentu atau makna kata/frasa/kalimat

secara formal maupun informal
atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata atau

dalam konteks kehidupan sehari-
tujuan komunikatif dari teks fungsional pendek

hari, dalam bentuk teks fungsional
berbentuk letter/e-mail.

pendek, recount, news item, report,
Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/

analytical exposition, hortatory
rinci/tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa

exposition, explanation, discussion
dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk

dan review.
advertisement/brochure.


Menentukan gambaran umum atau informasi


tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat


atau tujuan komunikatif/pikiran utama


paragraf/rujukan kata dari teks tertulis berbentuk


news item.


Menentukan informasi tertentu/rinci/tersirat atau


makna kata/frasa/kalimat atau gambaran


umum/tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/


rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.


Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/


tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna


kata/frasa/kalimat atau  rujukan kata/ pikiran utama


paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.


Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/


tersirat/rinci atau pikiran utama paragraf atau makna


kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif


dari teks tertulis berbentuk exposition.


Menentukan gambaran umum atau informasi tertentu/


tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna


kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama


paragraf dari teks tertulis berbentuk review.



Kompetensi–Standar Isi–2013-2014
20




NO
KOMPETENSI
INDIKATOR





Menentukan gambaran umum atau pikiran utama


paragraf atau informasi tersirat/tertentu/rinci atau


tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat


atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk


discussion.


Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/


pikiran utama paragraf atau informasi


tersirat/rinci/tertentu atau makna kata/frasa/kalimat


atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk report.


Menentukan gambaran umum atau informasi


tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat


atau rujukan kata dari teks fungsional pendek


berbentuk announcement/message
3
WRITING (Menulis)
Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi

Mengungkapkan makna secara
sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/

tertulis secara formal maupun
descriptive dan report.

informal dalam konteks kehidupan
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek berbentuk

sehari-hari, dalam bentuk teks
recount/ procedure/narrative/descriptive/report

fungsional pendek  atau esai
dengan kosa kata/frasa yang sesuai.

berbentuk recount, narrative,


procedure, descriptive dan report.



22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR





1.
Menggunakan logika matematika
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa


dalam pemecahan masalah
premis.



Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan



majemuk atau pernyataan berkuantor.

2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.


dengan aturan pangkat, akar dan
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar


logaritma, fungsi aljabar sederhana,
persamaan kuadrat.


fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan
Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi


grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi
kuadrat dengan menggunakan diskriminan.


invers, sistem persamaan linear,
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan


persamaan dan pertidaksamaan
dengan sistem persamaan linear.


kuadrat, persamaan lingkaran dan
Menentukan persamaan lingkaran atau garis singgung


garis singgungnya,
lingkaran.


suku banyak, algoritma sisa dan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan





teorema pembagian, program linear,
teorema sisa atau teorema faktor.





matriks dan determinan, vektor,
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan


transformasi geometri dan


komposisi dua fungsi atau fungsi invers.


komposisinya, barisan dan deret, serta


Menyelesaikan masalah program linear.


mampu menggunakannya dalam


Menyelesaikan operasi matriks.


pemecahan masalah.


Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor






dengan syarat tertentu.



Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar



sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut



antara dua vektor.



Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan



panjang proyeksi atau vektor proyeksi.



Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua



transformasi atau lebih.



Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen



atau logaritma.



Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan



fungsi eksponen atau fungsi logaritma.



Menyelesaikan masalah deret aritmetika.



Menyelesaikan masalah deret geometri.

3.
Menentukan kedudukan, jarak dan
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik,


besar sudut yang melibatkan titik,
garis dan bidang) di ruang dimensi tiga.


garis, dan bidang dalam ruang.


4.
Menggunakan perbandingan, fungsi,
Menyelesaikan masalah geometri dengan


persamaan, identitas dan rumus
menggunakan aturan sinus atau kosinus.


trigonometri dalam pemecahan
Menyelesaikan persamaan trigonometri.


masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai



perbandingan trigonometri yang menggunakan rumus



jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta



jumlah dan selisih dua sudut.

5.
Memahami konsep limit, turunan dan
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi


integral dari fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.




NO
KOMPETENSI
INDIKATOR




trigonometri, serta mampu
Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi.

menerapkannya dalam pemecahan
Menentukan  integral tak tentu dan integral tentu

masalah.
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.


Menghitung luas daerah dan volume benda putar


dengan menggunakan integral.
6.
Mengolah, menyajikan dan
Menghitung ukuran pemusatan atau ukuran  letak

menafsirkan data, serta mampu
dari data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.

memahami kaidah pencacahan,
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan

permutasi, kombinasi, peluang
menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau

kejadian dan mampu menerapkannya
kombinasi.

dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan


peluang suatu kejadian.



25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Memahami prinsip-prinsip
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan

mengukuran besaran fisika secara
menentukan hasil pengukuran dengan

langsung dan tidak langsung dengan
memperhatikan aturan angka penting.

cermat, teliti dan objektif.
Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara.
2.
Memahami gejala alam dan
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak

keteraturannya dalam cakupan
melingkar beraturan, atau gerak parabola

mekanika benda titik, benda tegar,
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton

usaha, kekekalan energi, elastisitas,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

impuls, momentum dan masalah
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi

Fluida.
(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik


berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II


Newton dalam masalah benda tegar.


Menentukan hubungan usaha dengan perubahan


energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan


besaran-besaran yang terkait.


Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas


bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada


konsep elastisitas.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan hukum kekekalan energi mekanik.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan


momentum.


Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan


dengan fluida statik atau fluida dinamik dan


penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,

konservasi kalor, serta sifat gas ideal,
perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan

dan perubahannya yang menyangkut
masalah.

hukum termodinamika dalam
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada

penerapannya pada mesin kalor.
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.


Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan


proses termodinamika pada mesin kalor.
4.
Menganalisis konsep dan prinsip
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada

gelombang, optik dan bunyi dalam
gelombang.

berbagai penyelesaian masalah dan
Menjelaskan berbagai jenis gelombang

produk teknologi.
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam


kehidupan sehari-hari.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.


Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa


interferensi dan difraksi.


Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan


dengan peristiwa efek Doppler.


Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi


pada berbagai kondisi yang berbeda.
Kompetensi–Standar Isi–2013-2014
31




NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



5.
Memahami konsep dan prinsip
Menentukan besaran-besaran fisis yang

kelistrikan dan kemagnetan dan
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.

penerapannya dalam berbagai
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau

penyelesaian masalah.
energi potensial listrik, serta penerapannya pada


kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian


kapasitor.


Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu


rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.


Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat


berarus listrik.


Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gaya


Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan


listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.


Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL


induksi atau prinsip kerja transformator.


Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus


bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan


kapasitor.
6.
Memahami konsep dan prinsip
Menjelaskan berbagai teori atom.

kuantum, relativitas, fisika inti dan
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan

radioaktivitas dalam kehidupan
peristiwa efek foto listrik/efek Compton.

sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan


teori relativitas.


Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti


atom.


Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau


pemanfaatannya


26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI

INDIKATOR



1.
Mendeskripsikan struktur atom, sistim
Menentukan  notasi unsur dan kaitannya dengan

periodik unsur dan ikatan kimia untuk
struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan

mendeskripsikan struktur molekul,
kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat

sifat-sifat unsur dan senyawa.
senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur


dalam tabel periodik.


Mendeskripsikan jenis ikatan kimia atau gaya


antarmolekul dan sifat-sifatnya.
2.
Menerapkan hukum-hukum dasar
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan

kimia untuk memecahkan masalah
dengan hukum dasar kimia.

dalam perhitungan kimia.
Menjelaskan persamaan suatu reaksi kimia .
3.
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
Mendeskripsikan daya hantar listrik.

metode pengukuran dan terapannya.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.


Menjelaskan titrasi asam basa


Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.


Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.


Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.


Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta


penerapannya.

4.
Mendeskripsikan senyawa organik
Mendeskripsikan struktur senyawa  Benzene dan

dan makro melekul
turunannya, serta kegunaannya.


Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk


identifikasi, reaksi  dan kegunaannya.


Mendeskripsikan makromolekul (Karbohidrat,


Protein, Polimer)
dan kegunaannya
5.
Mendeskripsikan perubahan energi,
Menseskripsikan
reaksi eksoterm dan reaksi

cara pengukuran dan penerapannya.
endoterm.



Menentukan kalor reaksi.
6.
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
Menentukan laju reaksi.

kesetimbangan kimia, dan faktor-
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat

faktor yang memengaruhinya, serta
memengaruhi kinetika suatu reaksi dan

penerapannya dalam kehidupan
kesetimbangannya

sehari-hari dan industri.
Menentukan Kc/Kp.
7.
Mendeskripsikan reaksi oksidasi-
Mendeskripsikan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.

reduksi dan elektrokimia serta
Mendeskripsikan diagram sel.

penerapannya dalam kehidupan
Mengaplikasikan hukum faraday.

sehari-hari.
Mendeskripsikan fenomena korosi dan


pencegahannya

8.
Mendeskripsikan unsur-unsur penting,
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di

terdapatnya di alam, pembuatan dan
alam termasuk unsur radioaktif.

kegunaannya.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur-unsur


penting dan kegunaannya.











Kompetensi–Standar Isi–2013-2014
33


27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Memahami hakikat biologi sebagai
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

ilmu dan mendeskripsikan objek


permasalahan biologi melalui metode


ilmiah.

2.
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan

dan klasifikasinya, peranan
Eubacteria bagi kehidupan manusia.

keanekaragaman hayati bagi
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran  kelompok jamur dan

kehidupan dan upaya pelestariannya.
protista (jamur, protista, protozoa, alga).





Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.


Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam


tertentu.


Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.





Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan


invertebrata.


Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan


vertebrata.
3.
Menganalisis hubungan antara
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran

komponen ekosistem, perubahan
energi dalam suatu ekosistem.

materi dan energi serta peran manusia
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur

dalam keseimbangan ekosistem.
biogeokimia.


Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia


dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
4.
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya,

serta mengaitkannya dengan struktur
serta proses yang terjadi pada sel.

dan fungsi jaringan.
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan


hewan.


Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada


tumbuhan dan hewan.
5.
Menjelaskan struktur dan fungsi
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit

sistem organ manusia serta
pada sistem gerak pada manusia.

kelainan/penyakit yang mungkin
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia

terjadi pada organ tersebut.
dan gangguannya.


Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada


manusia dan gangguannya.


Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan


gangguannya.


Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan


gangguannya.


Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan


pengindraan) pada manusia.


Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses


pembentukan sel kelamin.


Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
6.
Menjelaskan faktor-faktor yang
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan

mempengaruhi proses pertumbuhan
perkembangan tumbuhan.
Kompetensi–Standar Isi–2013-2014
34




NO
KOMPETENSI
INDIKATOR




dan perkembangan yang terjadi pada


tumbuhan melalui hasil percobaan


atau pengamatan.

7.
Mendeskripsikan proses metabolisme
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor

karbohidrat dan kemosintesis.
yang dapat mempengaruhi kerja enzim.


Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.


Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada


proses respirasi aerob.


Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis)


pada tumbuhan.


Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.



8.
Memahami konsep dasar hereditas,
Menjelaskan  susunan nukleotida DNA, RNA, atau

reproduksi sel, penerapan prinsip-
kromosom.

prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
Menjelaskan proses sintesis protein.


Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan


mitosis/meiosis/gametogenesis.


Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum


Mendel.


Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan


semu hukum Mendel.


Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun


pada manusia.


Menjelaskan  peristiwa mutasi.
9.
Menjelaskan teori evolusi dan
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan

implikasi pada perkembangan sains.
pembuktiannya.


Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada  evolusi.
10.
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.

aplikasi bioteknologi
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi


konvensional/ modern.


Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi


masyarakat dan lingkungan.


14. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR





1.
Membaca
Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat


Memahami isi dan bagian-bagian
utama, kalimat penjelas.


paragraf suatu artikel teks nonsastra,
Menentukan isi paragraf: fakta, opini,


tajuk rencana, laporan, karya ilmiah,
pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan


teks pidato, biografi tokoh, serta
penulis, arti kata/istilah, isi biografi.


berbagai bentuk dan jenis paragraf
Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju


nonteks; memahami teks sastra
dalam tajuk rencana/editorial.


berbentuk puisi lama, puisi baru,
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau


hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen,
tabel.


novel, dan drama.
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik



sastra Melayu klasik/hikayat.



Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik



novel/cerpen/drama.



Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.



Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam.

2.
Menulis
Menulis paragraf padu.


Mengungkapkan pikiran, gagasan,
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraph


pendapat, perasaan, dan informasi
dengan kalimat yang padu.


dalam berbagai jenis dan bentuk
Melengkapi teks pidato.


paragraf, teks pidato, surat resmi, dan
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan,


karya ilmiah dengan
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.


mempertimbangkan kesesuaian isi
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata


dengan konteks, kepadanan,
penghubung/istilah dalam paragraf.


kepaduan, ketepatan kalimat,
Menulis surat resmi.





penggunaan bahasa, diksi, struktur
Menyunting kalimat dalam surat resmi.





kalimat, dan ejaan; mengungkapkan
Menulis judul sesuai EYD.


pikiran dan gagasan dalam bentuk


Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan


puisi, cerpen, novel, drama, kritik,


masalah).


esai, dan resensi.


Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata






kias/berlambang/berima/bermajas).



Melengkapi dialog drama.



Menentukan kalimat resensi.



Menentukan kalimat kritik.



Menentukan kalimat esai.





No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy