16. BAHASA INGGRIS SMA/MA
(PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
Memahami makna dalam wacana
|
rinci dari sebuah percakapan
interpersonal/
|
|
lisan interpersonal dan transaksional
|
transaksional secara formal atau
informal.
|
|
secara formal maupun informal dalam
|
Menentukan respon yang tepat terhadap
percakapan
|
|
konteks kehidupan sehari-hari,
|
transaksional/interpersonal secara
formal atau
|
|
terutama dalam bentuk teks
|
informal.
|
|
fungsional pendek, recount, news
|
Menentukan gambar yang tepat sesuai
dengan
|
|
item, report, narrative, descriptive
|
informasi yang ada di dalam percakapan
|
|
dan review.
|
interpersonal/transaksional secara
formal atau
|
|
|
informal.
|
|
|
Menentukan gambar yang sesuai dengan
teks
|
|
|
monolog yang diperdengarkan.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci dari sebuah teks monolog
yang
|
|
|
diperdengarkan.
|
2.
|
READING (Membaca) Memahami
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
makna dalam wacana tertulis
|
rinci/tersirat/tertentu atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
secara formal maupun informal
|
atau pikiran utama paragraph/ rujukan
kata atau
|
|
dalam konteks kehidupan sehari-
|
tujuan komunikatif dari teks fungsional
pendek
|
|
hari, dalam bentuk teks fungsional
|
berbentuk letter/e-mail.
|
|
pendek, recount, news item, report,
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
analytical exposition, hortatory
|
rinci/tersirat atau rujukan kata atau
makna kata/frasa
|
|
exposition, explanation, discussion
|
dari teks tertulis fungsional pendek
berbentuk
|
|
dan review.
|
advertisement/brochure.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
|
tertentu/rinci/tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau tujuan komunikatif/pikiran utama
|
|
|
paragraf/rujukan kata dari teks
tertulis berbentuk
|
|
|
news item.
|
|
|
Menentukan informasi
tertentu/rinci/tersirat atau
|
|
|
makna kata/frasa/kalimat atau gambaran
|
|
|
umum/tujuan komunikatif/pikiran utama
paragraf/
|
|
|
rujukan kata dari teks tertulis
berbentuk recount.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama
|
|
|
paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau pikiran utama
paragraf atau makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan
kata/tujuan komunikatif
|
|
|
dari teks tertulis berbentuk exposition.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/
pikiran utama
|
|
|
paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2013-2014
|
20
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau pikiran
utama
|
|
|
paragraf atau informasi
tersirat/tertentu/rinci atau
|
|
|
tujuan komunikatif atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau rujukan kata dari teks tertulis
berbentuk
|
|
|
discussion.
|
|
|
Menentukan gambaran umum/tujuan
komunikatif/
|
|
|
pikiran utama paragraf atau informasi
|
|
|
tersirat/rinci/tertentu atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau rujukan kata dari teks tertulis
berbentuk report.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
|
tertentu/rinci/tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau rujukan kata dari teks fungsional
pendek
|
|
|
berbentuk announcement/message
|
3
|
WRITING (Menulis)
|
Menyusun beberapa kalimat secara acak
menjadi
|
|
Mengungkapkan makna secara
|
sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/
|
|
tertulis secara formal maupun
|
descriptive dan report.
|
|
informal dalam konteks kehidupan
|
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek
berbentuk
|
|
sehari-hari, dalam bentuk teks
|
recount/
procedure/narrative/descriptive/report
|
|
fungsional pendek atau esai
|
dengan kosa kata/frasa yang sesuai.
|
|
berbentuk recount, narrative,
|
|
|
procedure, descriptive dan report.
|
|
22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM
IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan logika matematika
|
Menentukan penarikan kesimpulan dari
beberapa
|
|
|
dalam pemecahan masalah
|
premis.
|
|
|
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan
dari pernyataan
|
|
|
|
majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
|
2.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
|
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma.
|
|
|
dengan aturan pangkat, akar dan
|
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali
akar-akar
|
|
|
logaritma, fungsi aljabar sederhana,
|
persamaan kuadrat.
|
|
|
fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan
|
Menyelesaikan masalah persamaan atau
fungsi
|
|
|
grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi
|
kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
|
|
|
invers, sistem persamaan linear,
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan
|
|
|
persamaan dan pertidaksamaan
|
dengan sistem persamaan linear.
|
|
|
kuadrat, persamaan lingkaran dan
|
Menentukan persamaan lingkaran atau
garis singgung
|
|
|
garis singgungnya,
|
lingkaran.
|
|
|
suku banyak, algoritma sisa dan
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
|
|
|
|
|
|
|
teorema pembagian, program linear,
|
teorema sisa atau teorema faktor.
|
|
|
|
|
|
|
matriks dan determinan,
vektor,
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
|
|
|
transformasi geometri dan
|
|
|
|
komposisi dua fungsi atau fungsi
invers.
|
|
|
|
komposisinya, barisan dan deret, serta
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah program linear.
|
|
|
|
mampu menggunakannya dalam
|
|
|
|
Menyelesaikan operasi matriks.
|
|
|
|
pemecahan masalah.
|
|
|
|
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa
vektor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan syarat tertentu.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan besar
|
|
|
|
sudut atau nilai perbandingan
trigonometri sudut
|
|
|
|
antara dua vektor.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
|
|
|
|
panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
|
|
|
Menentukan bayangan titik atau kurva
karena dua
|
|
|
|
transformasi atau lebih.
|
|
|
|
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
eksponen
|
|
|
|
atau logaritma.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
|
|
|
|
fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah deret aritmetika.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah deret geometri.
|
|
3.
|
Menentukan kedudukan, jarak dan
|
Menghitung jarak dan sudut antara dua
objek (titik,
|
|
|
besar sudut yang melibatkan titik,
|
garis dan bidang) di ruang dimensi
tiga.
|
|
|
garis, dan bidang dalam ruang.
|
|
|
4.
|
Menggunakan perbandingan, fungsi,
|
Menyelesaikan masalah geometri dengan
|
|
|
persamaan, identitas dan rumus
|
menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
|
|
trigonometri dalam pemecahan
|
Menyelesaikan persamaan trigonometri.
|
|
|
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan nilai
|
|
|
|
perbandingan trigonometri yang
menggunakan rumus
|
|
|
|
jumlah dan selisih sinus, kosinus dan
tangen serta
|
|
|
|
jumlah dan selisih dua sudut.
|
|
5.
|
Memahami konsep limit, turunan dan
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar
dan fungsi
|
|
|
integral dari fungsi aljabar dan fungsi
|
trigonometri.
|
|
|
|
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
trigonometri, serta mampu
|
Menyelesaikan soal aplikasi turunan
fungsi.
|
|
menerapkannya dalam pemecahan
|
Menentukan integral tak tentu dan integral tentu
|
|
masalah.
|
fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri.
|
|
|
Menghitung luas daerah dan volume benda
putar
|
|
|
dengan
menggunakan integral.
|
6.
|
Mengolah, menyajikan dan
|
Menghitung ukuran pemusatan atau
ukuran letak
|
|
menafsirkan
data, serta mampu
|
dari
data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.
|
|
memahami kaidah pencacahan,
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari
dengan
|
|
permutasi, kombinasi, peluang
|
menggunakan
kaidah pencacahan, permutasi atau
|
|
kejadian dan mampu menerapkannya
|
kombinasi.
|
|
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
|
|
|
peluang
suatu kejadian.
|
25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsip
|
Membaca hasil pengukuran suatu alat
ukur dan
|
|
mengukuran besaran fisika secara
|
menentukan hasil pengukuran dengan
|
|
langsung dan tidak langsung dengan
|
memperhatikan aturan angka penting.
|
|
cermat, teliti dan objektif.
|
Menentukan resultan vektor dengan
berbagai cara.
|
2.
|
Memahami gejala alam dan
|
Menentukan besaran-besaran fisis gerak
lurus, gerak
|
|
keteraturannya dalam cakupan
|
melingkar beraturan, atau gerak
parabola
|
|
mekanika benda titik, benda tegar,
|
Menentukan berbagai besaran dalam hukum
Newton
|
|
usaha, kekekalan energi, elastisitas,
|
dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
impuls, momentum dan masalah
|
Menentukan besaran-besaran fisis
dinamika rotasi
|
|
Fluida.
|
(torsi, momentum sudut, momen inersia,
atau titik
|
|
|
berat) dan penerapannya berdasarkan
hukum II
|
|
|
Newton dalam masalah benda tegar.
|
|
|
Menentukan hubungan usaha dengan
perubahan
|
|
|
energi dalam kehidupan sehari-hari atau
menentukan
|
|
|
besaran-besaran yang terkait.
|
|
|
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat
elastisitas
|
|
|
bahan atau menentukan besaran-besaran
terkait pada
|
|
|
konsep elastisitas.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
terkait
|
|
|
dengan hukum kekekalan energi mekanik.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
terkait
|
|
|
dengan tumbukan, impuls atau hukum
kekekalan
|
|
|
momentum.
|
|
|
Menjelaskan hukum-hukum yang
berhubungan
|
|
|
dengan fluida statik atau fluida
dinamik dan
|
|
|
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.
|
Memahami konsep kalor dan prinsip
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap
suatu zat,
|
|
konservasi kalor, serta sifat gas
ideal,
|
perpindahan kalor atau asas Black dalam
pemecahan
|
|
dan perubahannya yang menyangkut
|
masalah.
|
|
hukum termodinamika dalam
|
Menjelaskan persamaan umum gas ideal
pada
|
|
penerapannya pada mesin kalor.
|
berbagai proses termodinamika dan
penerapannya.
|
|
|
Menentukan besaran fisis yang berkaitan
dengan
|
|
|
proses termodinamika pada mesin kalor.
|
4.
|
Menganalisis konsep dan prinsip
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis
pada
|
|
gelombang, optik dan bunyi dalam
|
gelombang.
|
|
berbagai penyelesaian masalah dan
|
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
|
|
produk teknologi.
|
elektromagnet serta manfaat atau
bahayanya dalam
|
|
|
kehidupan sehari-hari.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
terkait
|
|
|
dengan pengamatan pada mikroskop atau
teropong.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis pada
peristiwa
|
|
|
interferensi dan difraksi.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
berkaitan
|
|
|
dengan peristiwa efek Doppler.
|
|
|
Menentukan intensitas atau taraf
intensitas bunyi
|
|
|
pada berbagai kondisi yang berbeda.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2013-2014
|
31
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
5.
|
Memahami konsep dan prinsip
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
|
|
kelistrikan dan kemagnetan dan
|
mempengaruhi medan listrik dan hukum
Coulomb.
|
|
penerapannya dalam berbagai
|
Menentukan besaran fisis fluks,
potensial listrik, atau
|
|
penyelesaian masalah.
|
energi potensial listrik, serta penerapannya
pada
|
|
|
kapasitas keping sejajar atau pada
rangkaian
|
|
|
kapasitor.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran listrik pada
suatu
|
|
|
rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
|
|
Menentukan induksi magnetik di sekitar
kawat
|
|
|
berarus listrik.
|
|
|
Menentukan arah dan besar gaya magnetik
(gaya
|
|
|
Lorentz) pada kawat berarus listrik
atau muatan
|
|
|
listrik yang bergerak dalam medan
magnet homogen.
|
|
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi GGL
|
|
|
induksi atau prinsip kerja
transformator.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis pada
rangkaian arus
|
|
|
bolak-balik yang mengandung resistor,
induktor, dan
|
|
|
kapasitor.
|
6.
|
Memahami konsep dan prinsip
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
|
kuantum, relativitas, fisika inti dan
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait
dengan
|
|
radioaktivitas dalam kehidupan
|
peristiwa efek foto listrik/efek
Compton.
|
|
sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran fisis
terkait dengan
|
|
|
teori relativitas.
|
|
|
Menentukan besaran-besaran fisis pada
reaksi inti
|
|
|
atom.
|
|
|
Menjelaskan macam-macam zat radioaktif
atau
|
|
|
pemanfaatannya
|
26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
1.
|
Mendeskripsikan struktur atom, sistim
|
Menentukan notasi unsur dan kaitannya dengan
|
|
|
periodik unsur dan ikatan kimia untuk
|
struktur atom, konfigurasi elektron,
jenis ikatan
|
|
|
mendeskripsikan struktur molekul,
|
kimia, rumus molekul, bentuk molekul
dan sifat
|
|
|
sifat-sifat unsur dan senyawa.
|
senyawa yang dapat dihasilkannya, serta
letak unsur
|
|
|
|
dalam tabel periodik.
|
|
|
|
Mendeskripsikan jenis ikatan kimia atau
gaya
|
|
|
|
antarmolekul dan sifat-sifatnya.
|
|
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar
|
Menyelesaikan perhitungan kimia yang
berkaitan
|
|
|
kimia untuk memecahkan masalah
|
dengan hukum dasar kimia.
|
|
|
dalam perhitungan kimia.
|
Menjelaskan persamaan suatu reaksi
kimia .
|
|
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
|
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
|
|
|
metode pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
|
|
|
|
Menjelaskan titrasi asam basa
|
|
|
|
Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga.
|
|
|
|
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan
Ksp.
|
|
|
|
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif
larutan.
|
|
|
|
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid
serta
|
|
|
|
penerapannya.
|
|
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik
|
Mendeskripsikan struktur senyawa Benzene dan
|
|
|
dan makro melekul
|
turunannya, serta kegunaannya.
|
|
|
|
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk
|
|
|
|
identifikasi, reaksi dan kegunaannya.
|
|
|
|
Mendeskripsikan makromolekul
(Karbohidrat,
|
|
|
|
Protein, Polimer)
|
dan kegunaannya
|
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi,
|
Menseskripsikan
|
reaksi eksoterm dan reaksi
|
|
cara pengukuran dan penerapannya.
|
endoterm.
|
|
|
|
Menentukan kalor reaksi.
|
|
6.
|
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
|
Menentukan laju reaksi.
|
|
|
kesetimbangan kimia, dan faktor-
|
Mendeskripsikan faktor-faktor yang
dapat
|
|
|
faktor yang memengaruhinya, serta
|
memengaruhi kinetika suatu reaksi dan
|
|
|
penerapannya dalam kehidupan
|
kesetimbangannya
|
|
|
sehari-hari dan industri.
|
Menentukan Kc/Kp.
|
|
7.
|
Mendeskripsikan reaksi oksidasi-
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi dan
reaksi oksidasi.
|
|
|
reduksi dan elektrokimia serta
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
|
|
penerapannya dalam kehidupan
|
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
|
|
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan fenomena korosi dan
|
|
|
|
pencegahannya
|
|
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting,
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting
yang ada di
|
|
|
terdapatnya di alam, pembuatan dan
|
alam termasuk unsur radioaktif.
|
|
|
kegunaannya.
|
Mendeskripsikan cara memperoleh
unsur-unsur
|
|
|
|
penting dan kegunaannya.
|
|
|
|
|
|
Kompetensi–Standar
Isi–2013-2014
|
33
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai
|
Menjelaskan objek dan permasalahan
Biologi.
|
|
ilmu dan mendeskripsikan objek
|
|
|
permasalahan biologi melalui metode
|
|
|
ilmiah.
|
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
|
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria
dan
|
|
dan klasifikasinya, peranan
|
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
|
|
keanekaragaman hayati bagi
|
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan
|
|
kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
protista (jamur, protista, protozoa,
alga).
|
|
|
|
|
|
Menentukan dasar pengelompokan mahluk
hidup.
|
|
|
Menjelaskan upaya pelestarian sumber
daya alam
|
|
|
tertentu.
|
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
tumbuhan.
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
hewan
|
|
|
invertebrata.
|
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan
|
|
|
vertebrata.
|
3.
|
Menganalisis hubungan antara
|
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran
|
|
komponen ekosistem, perubahan
|
energi dalam suatu ekosistem.
|
|
materi dan energi serta peran manusia
|
Menjelaskan proses yang terjadi pada
daur
|
|
dalam keseimbangan ekosistem.
|
biogeokimia.
|
|
|
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia
|
|
|
dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
|
Menjelaskan struktur sel dan komponen
kimiawinya,
|
|
serta mengaitkannya dengan struktur
|
serta proses yang terjadi pada sel.
|
|
dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan fungsi organel sel pada
tumbuhan dan
|
|
|
hewan.
|
|
|
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi
jaringan pada
|
|
|
tumbuhan dan hewan.
|
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
|
Menjelaskan mekanisme gerak
otot/sendi/penyakit
|
|
sistem organ manusia serta
|
pada sistem gerak pada manusia.
|
|
kelainan/penyakit yang mungkin
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia
|
|
terjadi pada organ tersebut.
|
dan gangguannya.
|
|
|
Menjelaskan sistem pencernaan makanan
pada
|
|
|
manusia dan gangguannya.
|
|
|
Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia dan
|
|
|
gangguannya.
|
|
|
Menjelaskan sistem ekskresi pada
manusia dan
|
|
|
gangguannya.
|
|
|
Menjelaskan sistem regulasi (saraf,
endokrin dan
|
|
|
pengindraan) pada manusia.
|
|
|
Menjelaskan sistem reproduksi manusia
dan proses
|
|
|
pembentukan sel kelamin.
|
|
|
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
|
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
|
Menginterpretasi hasil percobaan
pertumbuhan dan
|
|
mempengaruhi proses pertumbuhan
|
perkembangan tumbuhan.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2013-2014
|
34
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
dan perkembangan yang terjadi pada
|
|
|
tumbuhan melalui hasil percobaan
|
|
|
atau pengamatan.
|
|
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme
|
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja
dari faktor-faktor
|
|
karbohidrat dan kemosintesis.
|
yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
|
|
|
Menjelaskan proses katabolisme
karbohidrat.
|
|
|
Menjelaskan zat yang
dikeluarkan/dihasilkan pada
|
|
|
proses respirasi aerob.
|
|
|
Menjelaskan tahapan proses anabolisme
(fotosintesis)
|
|
|
pada tumbuhan.
|
|
|
Menjelaskan proses
kemosintesis/respirasi anaerob.
|
|
|
|
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas,
|
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
|
|
reproduksi sel, penerapan prinsip-
|
kromosom.
|
|
prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menjelaskan proses sintesis protein.
|
|
|
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan
|
|
|
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
|
|
Menginterpretasikan persilangan
berdasarkan hukum
|
|
|
Mendel.
|
|
|
Menginterpretasi persilangan pada
penyimpangan
|
|
|
semu hukum Mendel.
|
|
|
Mengidentifikasi pewarisan
cacat/penyakit menurun
|
|
|
pada manusia.
|
|
|
Menjelaskan peristiwa mutasi.
|
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan
dan
|
|
implikasi pada perkembangan sains.
|
pembuktiannya.
|
|
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting
pada evolusi.
|
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
|
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
|
|
aplikasi bioteknologi
|
Menjelaskan contoh aplikasi
bioteknologi
|
|
|
konvensional/ modern.
|
|
|
Menjelaskan dampak aplikasi
bioteknologi bagi
|
|
|
masyarakat dan lingkungan.
|
14. BAHASA INDONESIA SMA/MA
(PROGRAM IPA/IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
1.
|
Membaca
|
Menentukan unsur-unsur paragraf, ide
pokok, kalimat
|
|
|
Memahami isi dan bagian-bagian
|
utama, kalimat penjelas.
|
|
|
paragraf suatu artikel teks nonsastra,
|
Menentukan isi paragraf: fakta, opini,
|
|
|
tajuk rencana, laporan, karya ilmiah,
|
pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai
isi, tujuan
|
|
|
teks pidato, biografi tokoh, serta
|
penulis, arti kata/istilah, isi
biografi.
|
|
|
berbagai bentuk dan jenis paragraf
|
Menentukan opini penulis dan pihak yang
dituju
|
|
|
nonteks; memahami teks sastra
|
dalam tajuk rencana/editorial.
|
|
|
berbentuk puisi lama, puisi baru,
|
Menentukan isi dan simpulan grafik,
diagram atau
|
|
|
hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen,
|
tabel.
|
|
|
novel, dan drama.
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik
|
|
|
|
sastra Melayu klasik/hikayat.
|
|
|
|
Menentukan unsur-unsur
intrinsik/ekstrinsik
|
|
|
|
novel/cerpen/drama.
|
|
|
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
|
|
|
|
Menentukan isi puisi lama, pantun,
gurindam.
|
|
2.
|
Menulis
|
Menulis paragraf padu.
|
|
|
Mengungkapkan pikiran, gagasan,
|
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraph
|
|
|
pendapat, perasaan, dan informasi
|
dengan kalimat yang padu.
|
|
|
dalam berbagai jenis dan bentuk
|
Melengkapi teks pidato.
|
|
|
paragraf, teks pidato, surat resmi, dan
|
Melengkapi paragraf dengan kata baku,
kata serapan,
|
|
|
karya ilmiah dengan
|
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan,
peribahasa.
|
|
|
mempertimbangkan kesesuaian isi
|
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/
kata
|
|
|
dengan konteks, kepadanan,
|
penghubung/istilah dalam paragraf.
|
|
|
kepaduan, ketepatan kalimat,
|
Menulis surat resmi.
|
|
|
|
|
|
|
penggunaan bahasa,
diksi, struktur
|
Menyunting kalimat dalam surat resmi.
|
|
|
|
|
|
|
kalimat, dan ejaan;
mengungkapkan
|
Menulis judul sesuai EYD.
|
|
|
pikiran dan gagasan dalam bentuk
|
|
|
|
Menulis karya ilmiah (latar belakang
dan rumusan
|
|
|
|
puisi, cerpen, novel, drama, kritik,
|
|
|
|
masalah).
|
|
|
|
esai, dan resensi.
|
|
|
|
Melengkapi larik puisi lama/baru
(dengan kata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kias/berlambang/berima/bermajas).
|
|
|
|
Melengkapi dialog drama.
|
|
|
|
Menentukan kalimat resensi.
|
|
|
|
Menentukan kalimat kritik.
|
|
|
|
Menentukan kalimat esai.
|
|
No comments:
Post a Comment