Monday 3 June 2024

Rancangan percobaan

 

Rancangan percobaan

Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan percobaan observasi kualitatif. Hasil dari olahan kulit kerang sebagai bahan baku utama dalam pembuatan telor asin dan kerajinan tangan yang telah dibuat, diamati rasanya dengan di uji cobakan dan diperlihatkan kepada 71 orang responden untuk pembuatan telor asin dan kerajinan tangan dari olahan kulit kerang.

Angket tersebut berisi pendapat tentang rasa (sangat enak, enak, biasa, tidak enak, sangat tidak enak), jenis olahan kulit kerang yang paling disukai, tingkat kesukan teloar asin untuk kategori rasa, tingkat kesukan kerajinan tangan dari kulit kerang, dapat tidaknya limbah kulit kerang menjadi bahan baku baru dalam pembuatan telor asin, dapat tidaknya pengolahan limbah kulit kerang mengurangi jumlah sampah organik yang ada di lingkungan sekitar.

 

Teknik pengumpulan data

Data dalam penelitian ini di kumpulkan dengan cara studi literatur, percobaan, dan penyebaran angket. Data yang di dapat dengan studi literatur berasal dari beberapa website di internet, yang kemudian di gabungkan dan ditulis I dan II

Percobaan membuat kerajinan tangan dari limbah kulit kerang dilakukan pada tanggal 27 maret. Percobaan membuat telor asin dari kulit kerang sebagai bahan baku utama di lakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 26 maret sampai 5 april 2013, adalah saat pertama kali membuat telor asin menggunakan kulit kerng sebagai bahan baku utama, sehingga peneliti masih dapat bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada. Hasil dari percobaan tahap pertama kurang memuaskan karena kurang asin. Percobaan tahap kedua yang dilakukan pada tanggal 7 april sampai  15 april 2013 dan hasilnya jauh lebih baik. Responden kemudian diberi angket untuk di isi. Data yang diperoleh dari angket kemudian dikumpulkan dan di tulis dalam bentuk persentase.

      Cara menghitung persentase sebagai berikut.

X                                             Keterangan
 ͞      x   100%                         X    = Jumlah responden yang memilih
∑ X                                          ∑ X = Jumlah total responden

No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy