Saturday 23 March 2019

Tumbuhan Genus Macaranga Sebagai Bioindikator


tumbuhan genus Macaranga sebagai bioindikator

https://www.instagram.com/noorarif.m

Menurut dedi (2004),  tumbuhan yang dapat berperan sebagai bioindikator dalam daerah yang dapat terjadi suksesi karena bersifat pionir adalah family Sapotaceae, Myrtaceae, dan Euphorbiaceae. Adapun salah satu spesies dalam family Euphorbiaceae yang tertangkap oleh hasil penelitiannya berperan sebagai bioindikator pada Taman Wisata Alam Ruteng, Nusa Tenggara Timur adalah Macaranga tanarius

Menurut Kainde, dkk (2011), pada penelitiannya Macaranga gigantea dan Macaranga hipsida memiliki Indeks Nilai Penting yang tinggi sehingga artinya tumbuhan tersebut memiliki peranan yang baik dalam ekosistemnya. Tumbuhan yang berperan penting dalam suatu ekosistem, berarti memiliki peranan sebagai bioindikator bagi pertumbuhan mahkluk hidup yang lain.

Menurut Maryati (2011), lahan kosong bekas pertanian akan kembali menjadi ekosistem hutan apabila setelah lama dibiarkan akan mulai tumbuh jenis Alaban (Vitex pubescens) dan Mahang (Macaranga sp.)

Menurut Harlina, dkk (2016),  kupu-kupu spesie Graphium androceles pada areal wisata Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan yang berperan sebagai bioindikator lingkungan hutan membutuhkan spesies tumbuhan Macaranga sp. dengan Indeks Nilai Penting 28,02 sebagai tempat bagi kupu-kupu tersebut berlindung.

No comments:

Post a Comment

© 2012 Segenggam Cahaya | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy